Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kualitas pelayanan
yang diberikan pada PT.Bank SUMUT Syariah Cabang Binjai dengan dimensi
CARTER terhadap tingkat kepuasan nasabah yang menabung.
Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang berkualitas. Kualitas harus
dimulai dari kebutuhan nasabah dan berakhir pada persepsi nasabah. Hal ini
berarti bahwa kualitas yang baik adalah berdasarkan sudut pandang persepsi
nasabah dan bukanlah berdasarkan sudut pandang penyedia layanan. Nasabah
yang menggunakan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan, sehingga
sudah sudah seharusnya nasabah yang menentukan kualitas pelayanan. Secara
umum, perspektif nasabah terhadap kualitas layanan merupakan penilaian
menyeluruh dari suatu pelayanan
Kepuasan nasabah merupakan salah satu upaya untuk menciptakan
hubungan yang baik antara PT. Bank SUMUT Syariah dengan nasabah. Nasabah
yang memperoleh produk atau jasa yang sesuai atau melebihi harapan, cenderung
akan memberikan tanggapan yang positif bagi perusahaan.
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang nasabah PT. Bank
SUMUT Syariah Cabang Binjai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket (kuesioner). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik
analisi data kuantitatif, yang digunakan untuk menganalisis hubungan kualitas
pelayanan dengan kepuasan nasabah.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hasil uji hipotesis menunjukkan
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan variabel kualitas
pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank SUMUT Syariah Cabang
Binjai.