Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pandangan nasabah tentang
kualitas pelayanan, menganalisis tingkat kepuasan yang dirasakan nasabah,
menganalisis pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS
Amanah Insan Cita Medan Estate.
Lembaga keuangan seperti perbankan merupakan instrumen penting dalam
memperlancar jalannya pembangunan suatu bangsa. Saat ini perbankan syariah
telah memasuki persaingan berskala global, merupakan suatu tantangan yang
harus dihadapi dan ditangani oleh bank syariah untuk dapat memberikan
kontribusi dalam pembangunan bangsa melalui pemberdayaan ekonomi umat.
Banyaknya bank syariah yang berdiri, konsumen akan dihadapkan banyak pilihan
akan produk bank syariah yang ditawarkan. Bagi nasabah pelayanan yang
bermutu sangat penting agar tercapai kepuasan nasabah.
Kepuasan pelanggan adalah suatu kondisi (puas, senang, atau bangga)
yang dirasakan oleh konsumen ketika menerima sebuah produk atau jasa yang
ditawarkan diatas rata-rata layanan sejenisnya.
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang nasabah PT. BPRS
Amanah Insan Cita Medan Estate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket (kuisioner). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik
analisis data kuantitatif, yang digunakan untuk menganalisis hubungan kualitas
pelayanan dengan kepuasan pelanggan.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan (1) Pandangan nasabah tentang
kualitas pelayanan PT. BPRS Amanah Insan Cita Medan Estate mayoritas
nasabah menyatakan puas atas layanan bank tersebut; (2) Tingkat kepuasan yang
dirasakan nasabah PT. BPRS Amanah Insan Cita Medan Estate mayoritas nasabah
menyatakan puas dan bersedia berkunjung kembali; (3) Kualitas pelayanan
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. BPRS
Amanah Insan Cita Medan Estate.