Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan Lembaga
Penjamin Simpanan (LPS) terhadap kenyamanan nasabah menabung di PT. BPRS
Amanah Insan Cita dan untuk menganalisis perkembangan dari Lembaga
Penjamin Simpanan terhadap Perbankan Nasional PT. BPRS Amanah Insan Cita.
Adapun penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang
tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Data
kualitatif adalah data yang tidak dapat diukur dalam skala numerik.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Lembaga
Penjamin Simpanan dibentuk selain ditujukan untuk meningkatkan kembali
kepercayaan masyarakat terhadap perbankan di Indonesia setelah terjadinya
beberapa peristiwa yang diiukuti dengan krisis moneter dan perbankan, juga
ditujukan untuk menjaga stabilitas sistem perbankan. Lembaga Penjamin
Simpanan (LPS) selaku pemerintah menjamin berbagai bentuk simpanan,
diantaranya adalah tabungan dan deposito. Ada jaminan simpanan ini berpengaruh
terhadap kenyamanan nasabah dalam menabung pada PT. BPRS Amanah Insan
Cita. Nasabah menabung dengan merasa yakin bahwa dananya aman.