Abstract:
Kepuasan nasabah adalah perasaan seseorang setelah membandingkan antara
hasil yang dirasakan dengan harapannya. Kepuasan nasabah dipengaruhi oleh
faktor kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan SDI terhadap kepuasan nasabah.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. BPRS Al Washliyah
Medan. Pemilihan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling.
Dengan jumlah responden 25 nasabah pada PT. BPRS Al Washliyah Medan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data
yang digunakan adalah menggunakan Analisis Regresi Sederhana, Uji Normalitas
dan Uji Hipotesis yaitu Uji F dan Koefisien Determinasi.
Berdasarkan simultan hasil uji F menunjukkan F hitung > F tabel (21.361 >
4.28). Nilai Koefisien Regresi Sederhana bisa dilihat dalam bentuk persamaan
berikut, Y= 16.491 + 0,580X.
Nilai R Square sebesar 0,482 menunjukkan bahwa 48,2% variabel kepuasan
nasabah dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, sisanya sebesar 51,8%
dipengaruhi variabel lain