Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi penjualan Mulia (Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi)
pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah AR.Hakim sehingga nasabah
tertarik untuk mengambil Produk MULIA pada Pegadaian tersebut.
Penelitian ini dilakukan pada Pegadaian Cabang Syariah, penelitian ini
menggunakan data kuantitatif, metode pengumpulan data penelitian ini adalah
kuesioner yang diisi oleh responden yaitu nasabah Pegadaian Cabang Syariah
tersebut. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 responden dari berbagi jenis
kelamin, usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Analisis yang digunakan pada
penelitian ini merupakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji
regresi linear berganda. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS
22.00.
Hasil uji asumsi klasik bahwa semua uji berdistribusi normal. Kemudian
hasil regresi linear berganda adalah Y = 24,944 + 1,690X1 + 0,207X2. Dari uji t
variabel pendapatan nasabah diperoleh nilai thitung 5,526 > ttabel 1,998, dengan nilai
sig 0,000 < 0,05. Maka pendapatan nasabah secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap penjualan mulia. Kemudian variabel kualitas pelayanan dengan nilai
thitung 2,253 > ttabel 1,998, dengan nilai sig 0,028 < 0,05, maka kualitas pelayanan
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penjualan mulia. Dari uji F
menunjukkan F-hitung 37,228 > F-tabel 3,15 dengan nilai signifikan 0,000 < nilai
probabilitas 0,05, artinya pendapatan nasabah dan kualitas pelayanan secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap penjualan Mulia pada Pegadaian cabang
Syariah AR.Hakim Medan. daru uji R
dengan nilai R-square 0,550 atau 55%
menunjukkan bahwa Pendapatan nasabah dan Kualitas pelayanan dapat
menjelaskan variabel penjualan mulia (Y) sebesar 55%.