Abstract:
Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting bagi
keberadaan, kelangsungan, dan perkembangan perusahaan. Faktor yang
mempengaruhi nasabah untuk berkunjung kembali adalah kemampuan perusahaan
dalam melayani keluhan konsumen atau nasabahnya. Tujuan penelitian ini adalah
menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dan
mengetahui tingkat kepuasan nasabah pada PT. BPRS Puduarta Insani. Data yang
digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji
Asumsi Klasik, Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi. Dari hasil penelitian yang
dilakukan secara parsial bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari hasil Uji f diperoleh bahwa
fhitung lebih besar dari ftabel (108.117>(4,10) dan nilai signifikan 0,000 lebih kecil
dari nilai 0,05 atau (0,000 < 0,05). Maka berdasarkan hasil perhitungan tersebut
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel kualitas
pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPRS Puduarta Insani.