Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Gubernur
Sumatera Utara Nomor 32 Tahun 2017 tentang Tugas, Fungsi, Uraian Tugas, Tata
Kerja dalam rangka Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pegawai Sekretariat di Dinas
Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara. Namun dalam
pelaksanaannya kebijakan ini belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh
Gubernur Sumatera Utara, yaitu seperti dalam pelaksanaan tugas pokok Sekretariat
Dinas yang dijabarkan dalam fungsi serta uraian tugas Sekretaris yang selanjutnya
harus dilaksanakan oleh masing-masing Kepala Sub Bagian dilingkungan
Sekretariat yang secara hirarki kurang sesuai dengan struktur birokrasi yang ada di
dilingkungan Sekretariat Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera
Utara, karena luasnya beban kerja pada tugas, fungsi dan uraian tugas yang harus
dilaksanakan oleh para pejabat/pegawai di Sekretariat tersebut.
Metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian melalui pendekatan
deskriptif dengan analisis data kualitatif, dengan kategorisasinya adalah adanya
tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam implementasi kebijakan; adanya
Standard Operasional Procedure dan melaksanakan uraian tugas (Job Description);
adanya komunikasi dan interaksi antara pegawai dan pimpinan satuan kerja yang
melakasanakan tugas; adanya disposisi atau sikap dari para pelaksanaan kebijakan
(pegawai; dan adanya struktur birokrasi yang baik dalam suatu proses pelaksanaan
tugas dan fungsi.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam usaha pencapaian
tujuan implementasi kebijakan yang hendak dicapai sangat ditentukan oleh adanya
proses implementasi kebijakan yang didukung dengan adanya sasaran yang sudah
berjalan dengan baik dan pelaksanaan tugas pegawai sudah sesuai dengan SOP, serta
adanya proses komunikasi yang baik syang didukung dengan struktur birokrasi yang
memadai