Research Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autograph Pada Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 20172018

Show simple item record

dc.contributor.author Ningsih, Rahayu
dc.date.accessioned 2020-02-29T10:00:55Z
dc.date.available 2020-02-29T10:00:55Z
dc.date.issued 2018-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/433
dc.description.abstract Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan software Autograph dan buku panduan penggunaan Autograph pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengembangan validasi materi dan media, angket tanggapan guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Dalam proses mengembangkan media pembelajaran menggunakan Autograph yang dimuat dalam buku panduan pembelajaran pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implement (Pelaksanaan) and Evaluation (Evaluasi). Pada tahap analyze (Analisis) peneliti melakukan observasi untuk mengetahui kesenjangan kinerja, menetapkan tujuan, menganalisis peserta didik, sumber daya yang tersedia,dan rencana kerja. Pada tahap design (desain) peneliti mengadakan atau membuat hal yang dibutuhkan, menyusun evaluasi formatif desain, dan menghasilkan strategi pengujian. Pada tahap development (pengembangan) media yang telah divalidasi oleh1 orang validator media dan 1 orang validator materi dikembangkan sampai media dinyatakan layak untuk diujicobakan pada ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil Pada tahap implement (pelaksanaan) media yang sudah diujicobakan pada ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil yang diterapkan pada situasi belajar yang sesungguhnya. Untuk tahap evaluation (evaluasi) media dinilai dengan evaluasi formatif dan sumatif, evaluasi formatif dilakukan pada setiap tahap untuk perbaikan media sedangkan evaluasi sumatif dilakukan untuk menentukan effectifitas. Media dikatakan effektif apabila sudah mencapai KKM yang ditentukan sekolah dan media dipersepsikan secara baik oleh siswa. Keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria valid dan sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi dan media dengan skor masing-masing 4,6 dan 4,3; b) kepraktisan dengan kriteria praktis berdasarkan penilaian guru dan siswa dengan skor masing-masing 4,5 dan 72 % c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 83,33%. Sehingga media pembelajaran ini efektif serta bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP, Khususnya dalam pembelajaran materi persamaan garis lurus. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan software Autograph dan buku panduan penggunaan Autograph pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengembangan validasi materi dan media, angket tanggapan guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Dalam proses mengembangkan media pembelajaran menggunakan Autograph yang dimuat dalam buku panduan pembelajaran pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implement (Pelaksanaan) and Evaluation (Evaluasi). Pada tahap analyze (Analisis) peneliti melakukan observasi untuk mengetahui kesenjangan kinerja, menetapkan tujuan, menganalisis peserta didik, sumber daya yang tersedia,dan rencana kerja. Pada tahap design (desain) peneliti mengadakan atau membuat hal yang dibutuhkan, menyusun evaluasi formatif desain, dan menghasilkan strategi pengujian. Pada tahap development (pengembangan) media yang telah divalidasi oleh1 orang validator media dan 1 orang validator materi dikembangkan sampai media dinyatakan layak untuk diujicobakan pada ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil Pada tahap implement (pelaksanaan) media yang sudah diujicobakan pada ujicoba perorangan dan ujicoba kelompok kecil yang diterapkan pada situasi belajar yang sesungguhnya. Untuk tahap evaluation (evaluasi) media dinilai dengan evaluasi formatif dan sumatif, evaluasi formatif dilakukan pada setiap tahap untuk perbaikan media sedangkan evaluasi sumatif dilakukan untuk menentukan effectifitas. Media dikatakan effektif apabila sudah mencapai KKM yang ditentukan sekolah dan media dipersepsikan secara baik oleh siswa. Keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria valid dan sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi dan media dengan skor masing-masing 4,6 dan 4,3; b) kepraktisan dengan kriteria praktis berdasarkan penilaian guru dan siswa dengan skor masing-masing 4,5 dan 72 % c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 83,33%. Sehingga media pembelajaran ini efektif serta bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP, Khususnya dalam pembelajaran materi persamaan garis lurus. en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Media Pembelajaran dan Autograph en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autograph Pada Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 20172018 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account