dc.description.abstract |
Seiring dengan bergulirnya arus reformasi, maka birokrasi juga tidak luput
dari sasaran reformasi, hal ini dapat dilihat dari bergesernya paradigma
pemerintah dari penguasa menjadi pelayan. Masyarakat/publik merasa kecewa
kepada pemerintah karena kinerja birokrasinya yang kurang optimal, pemerintah
dianggap kurang mampu dalam memberikan pelayanan yang baik kepada
masyarakat. Buruknya kinerja pelayanan publik saat ini disebabkan karena belum
terlaksananya akuntabilitas yang baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
Untuk dapat mewujudkan pemerintahan yang baik yang bercirikan Good
Governance maka yang paling penting diterapkannya prinsip-prinsip salah
satunya Akuntabilitas dalam proses pelayanan publik yang dapat meningkatkan
kinerja mereka dan mempertanggungjawabkannya kepada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Akuntabilitas
Pelayanan Publik dalam Pelaksanaan Pengurusan e-KTP di Kelurahan Glugur
Darat I serta peranan petugas Kelurahan Glugur Darat I dalam melaksanakan
pengurusan e-KTP. Manfaat dari penelitian ini untuk bahan masukan dan
sekaligus sebagai bahan evaluasi terhadap akuntabilitas pelayanan publik dalam
pelaksanaan pengurusan e-KTP
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Adapun yang menjadi
narasumber peneliti berjumlah 6 orang yaitu, Lurah Kelurahan Glugur Darat I,
Sekretaris Lurah, Kasi Pemerintahan, Kepala Lingkungan serta masyarakat yang
telah mengurus e-KTP 2 orang.
Hasil dari penelitian ini adalah Akuntabilitas pelayanan publik dalam
pelaksanaan pengurusan e-KTP di Kelurahan Glugur Darat I sudah dapat
dikatakan terwujud dengan baik sesuai dengan beberapa kategorisasi yang
berhubungan dengan akuntabilitas, hanya saja waktu yang masih belum terlaksana
dengan baik karena jangka waktu penyelesaian e-KTP yang belum sesuai. Dan
secara keseluruhan pihak kelurahan sudah memberikan pelayanan yang terbaik
kepada masyarakat dalam pengurusan e-KTP |
en_US |