Research Repository

Penerapan Metode Edutainment Untuk Meningkatkan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Batang Kuis T.A 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Khadijach, Siti Nur
dc.date.accessioned 2020-02-29T10:00:26Z
dc.date.available 2020-02-29T10:00:26Z
dc.date.issued 2018-04-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/431
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah dengan penerapan metode edutainment dapat meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-D dilakukan di SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2017/2018. sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan Observasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan januari sampai bulan februari 2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Paparan Data, dan Simpulan Data. Penerapan metode pembelajaran edutainment dapat meningkatkan respon belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata persentase respon belajar siswa adalah 57,35% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase respon belajar siswa sebesar 72,54%. Terjadi peningkatan respon belajar siswa sebesar 15,19%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran yang menggunakan metode edutainment. en_US
dc.subject espon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika en_US
dc.subject Metode Edutainment en_US
dc.title Penerapan Metode Edutainment Untuk Meningkatkan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Batang Kuis T.A 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account