Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah dengan penerapan metode edutainment dapat meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-D dilakukan di SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2017/2018. sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan Observasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan januari sampai bulan februari 2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Paparan Data, dan Simpulan Data. Penerapan metode pembelajaran edutainment dapat meningkatkan respon belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata persentase respon belajar siswa adalah 57,35% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase respon belajar siswa sebesar 72,54%.
Terjadi peningkatan respon belajar siswa sebesar 15,19%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran yang menggunakan metode edutainment.