Abstract:
Standar Nasional Pendidikan menurut Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 adalah kriteria minimal tentang sistem
pendidikan di seluruh wilayah hukum negara kesatuan Republik Indonesia. Selain
itu berdasarkan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 penyelenggaraan
pendidikan masyarakat perlu ditingkatkan untuk meningkatkan pengetahuan,
kemampuan, dan keterampilan serta mencakup sikap, moral dalam rangka
meningkatkan derajat masyarakat serta menyukseskan program Standar Nasional
Pendidikan. Program Standar Nasional Pendidikan memiliki tujuan utama yaitu
mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat. Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka
mewujudkan Pendidikan Nasional yang bermutu. Adapun yang menjadi
permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar
Nasional Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD
Negeri 023898 Binjai Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
Bagaimana Implementasi Kebijakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Tentang Standar Nasional Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu
Pendidikan Di SD Negeri 023898 Binjai Timur. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode deskriptif dengan analisa kualitatif untuk mengulas lebih
dalam kebijakan Standar Nasional Pendidikan yang diberikan oleh pemerintah
kepada seluruh guru yang telah memiliki sertifikat pendidik di SD Negeri 023898
Binjai Timur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Peraturan Pemerintah Nomor
19 Tahun 2005 tersebut sudah dijalankan. Namun, pelaksanaannya belum berjalan
dengan maksimal dikarena kurangnya kualitas kinerja guru-guru baru, kapasitas
kelas yang melebihi dan keterlambatan sarana dan fasilitas pendukung yang
diberikan pemerintah belum sesuai harapan sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan