Abstract:
Akuntabilitas dalam penyelenggaraan pendidikan adalah suatu ukuran yang
menunjukkan seberapa besar tingkat kesesuaian penyelenggaraan urusan pemerintahan
bidang pendidikan dengan ukuran nilai-nilai atau norma eksternal yang ada di masyarakat
atau yang dimiliki oleh para stakeholders. Akuntabilitas terkait dengan kinerja penyelenggaraan
urusan
pemerintahan,
seperti
urusan
bidang
pendidikan.
Akuntabilitas
kinerja
penyelenggaraan
urusan
pendidian
terhadap
pelayanan
publik
pada
Dinas
Pendidikan
Serdang
Bedagai
masih
di
katakan
kurang
baik.
Aparat
birokrasi
dalam
memberikan
pelayanan
publik
kadang-kadang
masih
menerapkan
standar
nilai
atau
norma
pelayan
secara
sepihak,
seperti
pemberian
pelayanan
yang
tidak
tepat
sasaran
dan
tepat
waktu,
sehingga
kecendrungan
yang
terjadi
adalah
lemahnya
komitmen
aparat
birokrasi
untuk
akuntabilitas
terhadap
masyarakat
yang
dilayaninya.
Sehingga
masalah
yang
dirumuskan
dalam
penelitian
skripsi
ini
adalah
bagaimana
pengaruh
akuntabilitas
kinerja
penyelenggaraan
pendidikan
terhadap
peningkatan
pelayanan
publik
di
Dinas
Pendidikan
Kabupaten
Serdang
Bedagai.
Adapun
Tujuan
dari
penelitian
Skripsi
ini
adalah
untuk
mengetahui
apakah
ada
pengaruh
akuntabilitas
kinerja
penyelenggaraan
pendidikan
terhadap
peningkatan
pelayanan
publik
di
Dinas
Pendidikan
Kabupaten
Serdang
Bedagai.
Hipotesis
yang
dirumuskan
adalah
ada
pengaruh
akuntabilitas
kinerja
penyeleng-garaan
pendidikan
terhadap
peningkatan
pelayanan
publik
pada
Dinas
Pendidikan
Kabupaten
Serdang
Bedagai.
Metode
dalam
penelitian
skripsi
ini
adalah
adalah
metode
deskriptif
dengan
analisis
kuantitatif,
dan
teknik
pengumpulan
data
melalui
angket
(Questioner).
Dari
perhitungan
korelasi
Product
Momen
diperoleh
hasil
rxy
=
0,588,
dan
setelah
dikonsultasikan
dengan
tabel
Interpretasi
koofesien
Korelasi
maka
tingkat
korelasi
antara
variabel
bebas
(X)
Akuntabilitas
Kinerja
Penyelenggaraan
Pendidikan
dengan
variabel
terikat
(Y)
Peningkatan
Pelayanan
Publik
berada
pada
tingkat
interpretasi
sedang,
yaitu
berada
antara
0,40-0,599..
Dengan
mengkonsultasikan
hasil
tersebut
dengan
r
tabel
yakni
pada
sampel
N
=
40
dengan
taraf
singnifikan
5
%
dimana
nilai
r
tabel
tersebut
adalah
0,312,
maka
hal
ini
berarti
bahwa
nilai
r
hitung
yang
nilainya
0,588
lebih
besar
dari
pada
r
tabel
yakni
0,312
(0,588
>
0,312),
dengan
demikian
hipotesis
alternatif
diterima.
Artinya
ada
pengaruh
variabel
bebas
(X)
yaitu
Akuntabilitas
Kinerja
Penyelenggaraan
Pendidikan
terhadap
variabel
terikat
(Y)
yaitu
Peningkatan
Pelayanan
Publik
di
Dinas
Pendidikan
Kabupaten
Serdang
Bedagai