Abstract:
Penelitian ini dibuat karena semakin meningkatnya asuransi syariah karena
auransi syariah merupakan usaha saling melindungi dan tolong-menolong diantara
sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset yang memberikan pola
pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai
dengan syariah.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan
menggunakan data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan untuk
penelitian lapangan, yaitu observasi dan wawancara yang dilakukan dengan
menganalisis data yang bersumber dari lokasi atau tempat penelitian yaitu berkenaan
dengan Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Pada Produk
Asuransi Syariah di PT Asuransi Prudential Syariah di Kecamatan Binjai Timur.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah faktor-faktor yang menjadi minat
masyarakat terhadap produk asuransi syariah, dimana harus menjaga reputasi yang
baik mencerminkan kualitas dan kuantitas produk asuransi syariah dan hal tersebut
merupakan penilaian dari masyarakat itu sendiri. Sehingga semakin baik reputasi
asuransi syariah maka akan menjadi daya tarik minat masyarakat terhadap produk
asuransi syariah pada PT Asuransi Prudential Syariah di Kecamatan Binjai Timur.