Abstract:
Penelitian ini dibuat karena Bank Mandiri Syariah kurang melakukan
promosi secara langsung yang hanya menggunakan brosur. Hal ini berimbas pada
produk itu sendiri sehingga masyarakat tidak mengetahui adanya produk dana
pensiun. Rumusan masalah yang diteliti adalah apakah ada pengaruh faktor religi,
pelayanan dan promosi terhadap keputusan masyarakat menggunakan pembiayaan
dana pensiun pada Bank Mandiri Syariah KCP Medan Petisah dan Bagaimana
pengaruh faktor religi, pelayanan dan promosi terhadap keputusan masyarakat
menggunakan pembiyaan dana pensiun pada Bank Mandiri Syariah KCP Medan
Petisah. Penelitian skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan
teknik pengumpulan data berupa kuisioner, teknik pengumpulan data berupa
kuisioner yang disebarkan kepada 57 responden. Dalam menganalisis data peneliti
menggunakan analisis data regresi berganda dengan langkah-langkah berupa uji
asumsi klasik, pengujian hipotesis, uji validitas, uji reliabilitas, koefisien
determinasi, regresi linear berganda. Hipotesis dalam penelitian ini adalah faktor
religi, pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan
dan parsial terhadap pembiayaan dana pensiun pada Bank Mandiri Syariah KCP
Medan Petisah.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa berdasarkan uji f, faktor
religi, pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan masyarakat untuk menggunakan pembiayaan dana pensiun pada Bank
Mandiri Syariah KCP Medan Petisah. Dan berdasarkan Uji t, faktor religi,
pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan
dana pensiun pada Bank Mandiri Syariah KCP Medan Petisah