Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan prima
terhadap kepuasan nasabah penabung pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang
Pembantu Daerah Padang Bulan serta untuk menganalisis variabel manakah yang
paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah penabung. Untuk mencapai
tujuan tersebut maka digunakan metode analisis deskriptif, uji kelayakan
instrument penelitian (uji validitas dan reliabiiltas), analisis regresi berganda, serta
pengujian hipotesis (Uji f dan uji t).
Dari hasil persamaan regresi menunjukkan bahwa keenam variabel yakni
kemampuan, sikap, penampilan,perhatian, tindakan dan tanggungjawab
mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan. Dengan demikian hipotesis
pertama yang diajukan terbukti kebenarannya. Dari keenam variabel yakni
(kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggungjawab) yang
telah diuji maka variabel yang paling dominan mempengaruhikepuasan nasabah
pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Daerah Padang Bulan
adalah perhatian. Hal ini disebabkan karena besarnya perhatian yang diberikan
oleh karyawan kepada nasabah maka akan memberikan kepuasan bagi nasabah
penabung. Dengan demikian hipotesis kedua yang diajukan tidak terbukti
kebenarannya