Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tentang inovasi
produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT.
BNI Syariah Kota Medan. Pendekatan penelitian ini adalah assosiatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah 400 nasabah PT BNI Syariah Kota Medan dan sample
yang digunakan adalah 80 nasabah dengan menggunakan rumus slovin.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan di
analisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas data
yang digunakan uji validitas dengan uji reliabilitas. Untuk uji hipotesis dalam
penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan F serta melakukan uji determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa inovasi produk secara persial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 2.094,
Kualitas pelayanan secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan nasabah sebesar 3.689 secara persial berpengaruh positif dan signifikan.
Sedangkan inovasi produk dan kualitas pelayanan secara simultan 14.139
berpengaruh positif dan signifikanterhadap kepuasan nasabah pada PT BNI
Syariah Kota Medan. Dengan tingkat determinasi 0.269 atau 26,9% variabel
kepuasan nasabah dapat dijelaskan dengan variabel inovasi produk, kualitas
pelayanan sedangkan sisanya 0.731 atau 73,1% dipengaruhi variabel yang lain
tidak diteliti dalam penelitian ini