Abstract:
Penelitian ini didasarkan kepada tugas dan fungsi Bappeda Kabupaten Aceh
Tengah dalam melakukan koordinasi perencanaan pembangunan pendidikan di
Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi
koordinasi Bappeda dalam Dinas Perencanaan Pembangunan Pendidikan di
Kabupaten Aceh Tengah.
Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan
analisis data kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dari hasil wawancara dari
para narasumber untuk mendeskripsikan Koordinasi Bappeda dalam pelaksanaan
Perencanaan Pembangunan Pendidikan, melalui wawancara terbuka dengan pihak
Bappeda dan aparat-aparat Dinas Pendidikan sebanyak 5 (lima) orang. Adapun
kategorisasi dalam penelitian ini adalah : a) adanya Sarana koordinasi
(Musrenbang) b) adanya tanggung jawab pelaksanaan koordinasi c) adanya proses
koordinasi perencanaan pendistribusian tenaga kependidikan d) adanya proses
koordinasi dalam perencanaan kelembagaan PAUD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fungsi Koordinasi Bappeda dalam
pelaksanaan Pembangunan Pendidikan di Kabupaten Aceh Tengah sudah
berkoordinasi dengan baik, walaupun belum dikatakan maksimal, hal ini
diakibatkan karena koordinasi Bappeda kepada Dinas Pendidikan masih banyak
ditemukan kendala dalam membangun dan merencanakan pembangunan
pendidikan, sehingga perlu adanya perhatian dan kebijakan yang dilakukan
berdasarkan peraturan atau Qanun yang sudah ditetapkan, maupun data dan
informasi yang detail. Agar dapat membangun koordinasi yang lebih baik dalam
Perencanaan Pembangunan Pendidikan di Kabupaten Aceh Tengah.