dc.contributor.author |
Amisri, Eka Dhana Prayoga |
|
dc.date.accessioned |
2020-02-29T09:05:00Z |
|
dc.date.available |
2020-02-29T09:05:00Z |
|
dc.date.issued |
2019-10-04 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/382 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Generatif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 210 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen 1 dan kelas VII-6 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen 2. Untuk kelas eksperimen 1 pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger sedangkan kelas eksperimen 2 pembelajaran dengan menggunakan model Generatif. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VII-7 sebagai uji instrument. Berdasarkan analisis data dalam diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Treffinger dengan model Generatif dilihat berdasarkan uji gain ternormalisasi pada kelas eksperimen 1 sebesar 25% tergolong Rendah dan kelas Eksperimen 2 sebesar 58% tergolong Sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Generatif Efektif dalam Meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. |
en_US |
dc.subject |
Model Generatif |
en_US |
dc.subject |
Pemahaman Konsep Matematika |
en_US |
dc.subject |
Efektivitas |
en_US |
dc.title |
Efektifitas Model Pembelajaran Generatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |