Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran tipe
Team Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap hasil belajar matematika
siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas penerepan model pembelajaran tipe Team Assisted
Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa SMK PAB 2
Helvetia Medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK PAB 2 Helvetia Medan Tahun
Pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas
dari seluruh kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK PAB 2 Helvetia Medan.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay yang telah
divalidkan sebanyak 5 butir soal, yaitu dengan soal yang sma pre-test dan posttest.
Dari hasil penelitian yang dilakukan nilai rata-rata pre-test pada kelas
eksperimen yaitu 50.50. sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa pada kelas kontrol
yaitu 47,83. Dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dengan yaitu 79,33 dan
nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol yaitu 65,33. Dari hasil perhitungan yang
menggunakan uji-t di dapatkan hasilnya bahwa nilai thitung 7.47 < t < ttabel 2.00172
karena nilai thitung lebih besar di bandingkan dengan nilai ttabel maka H0 diterima
dan untuk harga-harga t lainnya H0 ditolak. Dari kesimpulan nilai uji hipotesis
bahwa hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibanding
dengan kelas kontrol. Maka dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team
Assisted Individualization (TAI) efektiv terhadap hasil belajar matematika pada
kelas X Administrasi Perkantoraan SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020.