dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan komunikasi pembelajaran yang
menggunakan e-learning sebagai media/perantara yang dapat menarik minat serta
meningkatkan prestas belajar pada mahasiswa Program Studi Sastra Inggris
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan dalam proses belajar
mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Komunikasi
Pembelajaran Berbasis E-learning dalam Mengingkatkan Minat Belajar dan
Prestasi Pada Mahasiwa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
komunikasi, komunikasi pembelajaran, komunikasi interpersonal, minat dan
prestasi belajar, serta e-learning. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif,
yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian dengan
narasumber sebanyak 10 mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas
Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan yang terbagi menjadi 5 mahasiswa
dari kelas Sastra Inggris A dan 5 mahasiswa dari kelas Sastra Inggris B. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pembelajaran berbasis e-learning
dapat memberikan kemudahan bagi para narasumber yaitu mahasiswa dalam
menjalankan proses pembelajaran karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana
saja tanpa harus bertatap muka antara dosen dengan mahasiswa. |
en_US |