Research Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Anggita, Novia
dc.date.accessioned 2020-02-29T08:50:23Z
dc.date.available 2020-02-29T08:50:23Z
dc.date.issued 2019-10-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/364
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PAB 9 Medan Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 berjumlah 30 siswa sebagai kelas control dan kelas VII-7 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen. Untuk kelas Eksperimen pembelajaran menggunakan Model Conceptual Understanding Prosedurse sedangkan kelas control menggunakan model ekspositori. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VII-7 sebagai uji instrument. Berdasarkan analiss data diperoleh ada perbedaan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Conceptual Understanding Prosedurse dengan model ekspositori. Dilihat berdasarkan uji gan ternormalisasi pada kelas Eksperimen sebesar 64% tergolong tinggi dan kelas control 14% tergolong rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. en_US
dc.subject Model Conceptual Understanding Prosedurse en_US
dc.subject Pemahaman konsep Matematika en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account