Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model
pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse efektif dalam meningkatkan
pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran
2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
PAB 9 Medan Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa. Adapun
sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 berjumlah 30 siswa sebagai kelas
control dan kelas VII-7 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen. Untuk
kelas Eksperimen pembelajaran menggunakan Model Conceptual Understanding
Prosedurse sedangkan kelas control menggunakan model ekspositori. Instrument
yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VII-7 sebagai uji
instrument. Berdasarkan analiss data diperoleh ada perbedaan nilai rata-rata
pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Conceptual Understanding
Prosedurse dengan model ekspositori. Dilihat berdasarkan uji gan ternormalisasi
pada kelas Eksperimen sebesar 64% tergolong tinggi dan kelas control 14%
tergolong rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse efektif dalam meningkatkan
pemahaman konsep belajar matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun
Pelajaran 2019/2020.