Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Pengamatan Lokasi (Trans Sector) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V Tahun Pembelajaran 2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.author Pradipta, Giska Trisu
dc.date.accessioned 2020-06-18T07:06:16Z
dc.date.available 2020-06-18T07:06:16Z
dc.date.issued 2020-03-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3626
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020 dalam menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran trans sector; (2) kemampuan siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020 dalam menulis teks eksposisi setelah menggunakan model pembelajaran trans sector; (3) pengaruh model pembelajaran trans sector terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020. Penelitian dilaksanakan di SMP PAB 9 Klambir V yang terletak di Jl. Klambir V Pasar 2 PTPN Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah populasi penelitian 203 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample Test berbantuan aplikasi SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP PAB 9 Klambir V sebelum belajar dengan model trans sector berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 52,3, kemampuan menulis teks eksposisi siswa setelah belajar dengan model trans sector berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 77,5. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa model pembelajaran trans sector berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,82 > 1,70 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga hipotesis terbukti kebenarannya dan diterima en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Trans Sector (Pengamatan Lokasi) en_US
dc.subject Teks Eksposisi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Pengamatan Lokasi (Trans Sector) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V Tahun Pembelajaran 2019-2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account