Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan siswa kelas VIII SMP
PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020 dalam menulis teks eksposisi
sebelum menggunakan model pembelajaran trans sector; (2) kemampuan siswa
kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020 dalam menulis
teks eksposisi setelah menggunakan model pembelajaran trans sector; (3)
pengaruh model pembelajaran trans sector terhadap kemampuan menulis teks
eksposisi siswa kelas VIII PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020.
Penelitian dilaksanakan di SMP PAB 9 Klambir V yang terletak di Jl. Klambir V
Pasar 2 PTPN Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah populasi penelitian 203
siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Analisis data dilakukan dengan uji
Independent Sample Test berbantuan aplikasi SPSS 24 for windows. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas
VII SMP PAB 9 Klambir V sebelum belajar dengan model trans sector berada
pada kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 52,3, kemampuan menulis teks
eksposisi siswa setelah belajar dengan model trans sector berada pada kategori
baik dengan nilai rata-rata sebesar 77,5. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa
model pembelajaran trans sector berpengaruh signifikan terhadap kemampuan
menulis teks eksposisi siswa dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,82 >
1,70 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga hipotesis terbukti kebenarannya dan
diterima