Abstract:
Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship
management terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Syariah Mandiri KCP Medan
Sukaramai. Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif. Teknik pengambilan ini menggunakan teknik accidental sampling
yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan
penelitian dan anggota sampel yang diambil tidak direncanakan terlebih dahulu
tapi didapatkan atau dijumpai secara tiba-tiba dan jumlah sampel yang akan
diteliti sebanyak 50 responden. Nilai regresi (persamaan regresi) yaitu Y= 9,263
+ 0,770X, dimana a = 9,263 mempunyai arti pada saat CRM 0 (nol) maka
loyalitas nasabahsebesar 9,263 sedangkan b= 0,770 mempunyai arti pada saat
CRM meningkat sebesar 1 maka loyalitas meningkat sebesar 0,770. Berdasarkan
hasil pengujian secara parsial pengaruh Customer Relationship Management
terhadap Loyalitas Nasabah diperoleh thitung sebesar 8,945, maka dapat diketahui
bahwa thitung > dari ttabel yaitu 8,945 > 1,676. Dan mempunyai angka signifikan
sebesar 0,000 ≤ 0,05. (Sig 0,000 < ɑ0,05) maka dapat disimpulkan Ha diterima dan
Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Bank
Syariah Mandiri Cabang Sukaramai. Nilai R Square diatas diketahui sebsar 0,449
atau 44,9 % menunjukkan sekitar 44,9% variabel Loyalitas Nasabah dipengaruhi
Customer Relationship Management. Sedangkan sisanya (100%-44,9%= 55,1 %)
dipengaruhi oleh variabel atau faktor–faktor lain yang tidak termasuk dalam
penelitian