Abstract:
Usaha kecil menengah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu
Negara maupun daerah, termasuk di Indonesia. Usaha kecil dan Menengah
(UKM) ini sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan Usaha baru dan
juga dapat menambah jumlah unit usaha baru yang mendukung pendapatan rumah
tangga dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja usaha kecil
dan menengah berbasis Ekonomi Kreatif di KAB Aceh Tengah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu pendekatan
yang dilakukan dengan cara menyajikan, mendeskripsikan atau mengambarkan
data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat yang
berlaku untuk umum. Teknik Pengumpulan yang dilakuakan adalah melalui Studi
Dokumentasi dan Wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian Penulis, Kinerja Usaha Kecil dan Menengah
berbasis Ekonomi Kreatif kurang berkembang dikarenakan adanya beberapa
faktor yang mempengaruhi sehinga UKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kurang
Berkembang.