Abstract:
Pelayanan terpadu online merupakan pelayanan berbasis internet dalam
berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Pemerintah Kelurahan Mangga
Kecamatan Medan Tuntungan membuat inovasi pelayanan online bertujuan untuk
mempermudah masyarakat dalam pelayanan dan informasi mengenai administrasi
di Kelurahan. Penerapan strategi pelayanan terpadu online ditujukan untuk
memperbaiki proses pelayanan administrasi yang lambat sehingga hal itu
membuat kualitas kinerja pegawai menurun dalam memberikan pelayanan yang
optimal. Oleh sebab itu, Kelurahan Mangga mengembangkan sistem pelayanan
terpadu online melalui LINE (media sosial) agar dapat meningkatkan kinerja
pegawai, mengurangi resiko terjadinya pungutan liar dan menuju pelayanan yang
prima kepada masyarakat. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian
ini adalah bagaimanakah strategi penerapan pelayanan terpadu online dalam
meningkatkan kinerja pegawai di Kelurahan Mangga Kecamatan Medan
Tuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapan
pelayanan terpadu online dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kelurahan
Mangga Kecamatan Medan Tuntungan. Adapun metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif, dan
pengumpulan data melalui wawancara terbuka. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan penulis menunjukan bahwa strategi penerapan sistem pelayanan terpadu
online belum berjalan sesuai dengan strategis untuk meningkatkan kinerja
pegawai, karena ditemukan kendala-kendala yang terjadi terkait dalam proses
pelayanan terpadu online. Pegawai yang tidak memahami teknologi, kurangnya
sarana, jaringan wifi sering bermasalah serta peminat LINE yang kurang
menyebabkan pelayanan terpadu online tidak berjalan secara maksimal