Abstract:
Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Padang Bulan Medan
dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh PT. Bank Syariah
Mandiri KCP Padang Bulan Medan menerapkan sifat fatonah, amanah, shiddiqh, dan tabliq
dalam sistem pemasaran kepada masyarakat luas serta mempertahankan sifat pemasaran
Islami di setiap kegiatan pemasaran.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian penerapan fatonah, amanah,
shiddiq, dan tabliqh pada sistem pemasaran ini adalah metode Kualitatif yang menggunakan
data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pihak PT. Bank Syariah
Mandiri KCP Padang Bulan Medan.
Permesalahan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan fatonah,
amanah, shiddiq, dan tabliqh pada sistem pemasaran di PT.Bank Syariah Mandiri KCP
Padang Bulan Medan. Bagaimana strategi penerapan fatonah, amanah, shiddiq, dan tabliqh
pada sistem pemasaran di PT.Bank Syariah Mandiri KCP Padang Bulan Medan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Bank Syariah Mandiri KCP
Padang Bulan Medan menerapkan berbagai hal untuk mempermudah pemasaran yang
berdasarkan fatonah, amanah, shiddiq, dan tabliqh terhadap nasabah, Marketing dan staff
pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Padang Bulan Medan dapat dikatakan sudah
menerapkan pemasaran Islami tersebut akan tetapi penerapan dari keempat hal tersebut masih
belum dilakukan oleh pegawai secara optimal, sehingga berpengaruh terhadap kepercayaan
dan minat nasabah terhadap marketing di Bank Syariah Mandiri