Abstract:
Berdasarkan hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penelitian
ini dilakukan pada PT. Bank Sumut Syariah. bagaimana analisis SWOT dalam penentuan strategi
bersaing. Hasil penelitian ini Faktor internal dalam menentukan strategi bersaing pada PT. Bank
Sumut Syariah terdiri dari kekuatan meliputi: Tata kelola dan perilaku atau budaya Bank Syariah
yang baik, iklim investasi positif dan semangat kerja tinggi, FDR normal, kontribusi positif
terhadap masyarakat dan kelestarian lingkungan, membantu pengusaha-pengusaha di Wilayah
Medan. Dan kelemahan meliputi: Tenaga ahli yang terbatas, kurangnya sarana pendukung,
kurangnya aturan pendukung, promosi atau pengenalan door to door dan teknologi yang masih
terbatas. Faktor ekternal dalam menentukan strategi bersaing pada PT.Bank Sumut Syariah
terdiri dari peluang meliputi: Mayoritas masyarakat muslim, melakukan kerjasama, potensi
masyarakat yang tinggi, fatwa MUI dan pembukaan KCPS. Dan ancamannya meliputi : Total
share perbankan, kurang pemahaman tentang perbankan syariah, kesan sulit dan rumit pada bank
syariah, kesan sosial pada bank syariah dan kurang dukungan dari masyarakat. Strategi yang
dapat digunakan salah satunya untuk menentukan strategi bersaing pada PT. Bank Sumut
Syariah yaitu stable growth strategy, artinya dalam persaingan di perbankan syariah PT. Bank
Sumut Syariah khususnya Kantor Cabang Syariah Medan