Abstract:
Salah satu usaha untuk memanjakan nasabahnya adalah melalui pelayanan
yang diberikan. Kesuksesan dalam persaingan akan dapat dipenuhi apabila
perusahaan bisa menciptakan dan mempertahankan. Nasabah juga dibuat rasa
nyaman dalam ruangan yang tidak membosankan dengan fasilitas ruangan yang
menyenangkan.peranan customer service juga merupakan salah satu sumber daya
manusia yang diperlukan suatu perusahaan. Customer service harus mampu
menyelesaikan permasalahn dan keluhan nasabah, serta mampu menjelaskan beragam
produk dan informasi bank dengan detail.
Jenis metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode
penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data primer dan
data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui
wawancara, serta dokumentasi terhadap keterangan dan penjelasan yang sesuai
dengan masalah yang diteliti. Dalam menganalisis data yang diperoleh, penulis
menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa custemer service berperan penting
dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah. Custemer sevice juga harus
menyelesaikan masalah yang ada pada nasabah dan memberikan solusi agar masalah
yang dihadapi nasabah ccepat selesai