Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi kualitas jasa berpengaruh
terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan.
Pendekatan penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan ini
menggunakan teknik accidental sampling maka jumlah sampel yang akan diteliti sebanyak 25
responden. Hasil penelitian menjukkan nilai regresi (persamaan regresi) yaitu Y= 66,754 +
0,683X, dimana a = 66,754 mempunyai arti pada saat Dimensi Kualitas Jasa 0 (nol) maka
Kepuasan Nasabahsebesar 66,754 sedangkan b= 0,683 mempunyai arti pada saat Dimensi
Kualitas Jasa meningkat sebesar 1 maka loyalitas meningkat sebesar 0,683. Berdasarkan hasil
pengujian secara parsial pengaruh Dimensi Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah diperoleh
thitung sebesar 5,120, maka dapat diketahui bahwa thitung > dari ttabel yaitu 5,120 > 1,713. Dan
mempunyai angka signifikan sebesar 0,000 ≤ 0,05. (Sig 0,000 < ɑ0,05) maka dapat disimpulkan Ha
diterima dan Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Dimensi
Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padang Bulan.
Besarnya pengaruh Dimensi Kualitas Jasa terhadap loyalitas nasbaah adalah sebesar 0,495 atau
49,5 % menunjukkan sekitar 49,5% variabel Kepuasan Nasabah dipengaruhi Dimensi Kualitas
Jasa. Sedangkan sisanya (100%-49,5%= 50,5 %) dipengaruhi oleh variabel atau faktor–faktor lain
yang tidak termasuk dalam penelitian