Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah pola bilangan ditinjau dari kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Swasta Pelita Medan semeseter ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan mengambil 3 siswa sebagai subjek wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metakognisi siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi baik untuk soal pertama maupun soal kedua memenuhi semua aspek, baik aspek prediksi, aspek perencanaan, aspek monitoring, maupun aspek evaluasi; (2) metakognisi siswa yang memiliki kemampuan sedang untuk soal pertama hanya aspek prediksi dan aspek perencanaan yang dapat terpenuhi, sedangkan untuk soal kedua metakognisi siswa yang terpenuhi hanya aspek prediksi saja, dan (3) metakognisi siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah untuk soal pertama hanya aspek prediksi yang dapat terpenuhi, sedangkan untuk soal kedua metakognisi siswa tidak dapat terpenuhi pada semua aspek.