Abstract:
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sangat cepat
memiliki dampak pada semua kegiatan yang dilakukan oleh organisasi.Salah satu
teknologi yang dapat membantu dalam pekerjaan di lingkungan organisasi adalah
menggunakan sistem komputerisasi. Dengan menggunakan sistem komputerisasi,
maka setiap pekerjaan kantor unit dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi
waktu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas
komputerisasi sistem kinerja karyawan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Kota Medan.Sebelum dan setelah penggunaan sistem komputerisasi. Kajian
dilaksanakan oleh obsevasing untuk penggunaan sistem komputerisasi dan
efeknya pada kinerja dengan kedalaman wawancara metode untuk mendapatkan
informasi dari semua responden/informan.Jumlah informan adalah 14 orang
dibagi menjadi Sekretaris camat, kepala bagian, seorang karyawan yang memiliki
exprerience dalam tugasnya masing-masing, tahu di kedalaman dan peran lebih
besar dalam proses menggunakan sistem komputerisasi. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem komputerisasi yang
merupakan salah satu Fasilitas untuk kelancaran tugas kerja, terbukti memberikan
kenyamanan, banyak keuntungan dan manfaat yang benar-benar mendukung tugas
ini berarti karyawan have aspek positif bagi semua pihak sehingga efek pada
kinerja karyawan dan dapat meningkatkan kualitas pekerjaan dan efisiensi waktu.