Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi organisasi dalam sebuah
perusahaan PT. PLN (Persero) Wilayah I Sumut. Penelitian ini penulis
menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan
bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran atau penjelasan mengenai, dalam
meningkatkan kualitas para karyawan PT. PLN (Persero) Wilayah I Sumut,
kualitas kerja yang baik memerlukan dukungan dari data yang benar, informasi
yang benar, dan pengetahuan. Komunikasi dalam organisasi merupakan aktivitas
yang selalu hadir, karena komunikasi adalah sarana yang digunakan para
karyawan, baik secara formal maupun informal, untuk berdiskusi, bertukar
pikiran, membuat laporan kepada pimpinan, memberikan arahan kepada bawahan
dan sebagainya. Di dalam organisasi selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang
merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri
dari pimpinan dan bawahan. Komunikasi pimpinanan harus disesuaikan dengan
situasi dan kondisi pada organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya, sehingga
hal tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk memotivasi karyawan yang akan
berdampak positif pada kinerja karyawan dalam pencapaian kepuasan. Maka
perusahaan berperan penting didalamnya, karyawan akan merasa bangga bila
setiap kerja yang dilakukan dalam perusahaan mendapat dukungan penuh tanpa
ada keterpaksaan dari pihak mana pun, Untuk menganalisis data-data yang telah
dikumpulkan, maka penulis menggunakan teknik analisis data yang bersifat
kualitatif dengan cara menganalisis pernyataan dari hasil wawancara yang
diperoleh dari informan. Narasumber yang diperlukan dalam peneiltian ini terdiri
dari 3 orang yakni karyawan PT. PLN (Persero) Wilayah I Sumut. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kepuasan dalam komunikasi organisasi untuk meningkatkan
kualitas kerja karyawan di PT. PLN (Persero) Wilayah I Sumut, keterbukaan pada
seluruh karyawan tanpa ada yang ditutup-tutupi serta dukungan dari perusahaan
akan membuat karyawan semakin termotivasi. Maka dengan adanya semangat,
disiplin kerja, prestasi yang diberikan perusahaan membuat kualitas kerja
karyawan semakin meningkat