Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa pada saat mengerjakan soal matematika pada materi perpangkatan dan bentuk akar di MTs Nur Bahri Bubun Tanjung Pura. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IX-1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa siswa melakukan kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan operasi hitung.
Persentase kesalahan yang didapatkan adalah : (a) kesalahan konsep sebesar 28,33%, (b) kesalahan prosedur 12,22%, dan (c) kesalahan operasi hitung sebesar 8,33%. Penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kurangnya pemahaman terhadap materi perpangkatan dan bentuk akar, lupa rumus, malas menuliskan langkah-langkah menjawab soal, dan bahkan kekeliruan dalam perhitungan sehingga menyebabkan kesalahan operasi hitung.