Abstract:
e-Kelurahan adalah sebuah program pelayanan administrasi kependudukan
dan administrasi lainnya berbasis teknologi informasi yang bertujuan untuk
mempercepat dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan
surat-surat. Program e-Kelurahan ditujukan untuk proses pengurusan administrasi
yang lambat sehingga hal tersebut mengakibatkan turunnya tingkat kualitas
pelayanan publik. Oleh sebab itu, Kelurahan Karang Berombak kemudian
mengembangkan program e-Kelurahan agar dapat meningkatkan pelayanan publik
ke arah pelayanan prima dan modern. Adapun yang menjadi permasalahan dalam
penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pelaksanaan administrasi kelurahan
berbasis e-Kelurahan dalam meningkatkan pelayanan publik di Kantor Kelurahan
Karang Berombak Kecamatan Medan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas pelaksanaan administrasi kelurahan berbasis e-Kelurahan
dalam meningkatkan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Karang
Berombak Kecamatan Medan Barat. Adapun metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif, dan
pengumpulan data melalui wawancara terbuka. Berdasarkan dari hasil penelitian
yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa program e-Kelurahan belum berjalan
dengan efektif, karena ditemukan kendala-kendala yang terjadi terkait pelayanan
e-Kelurahan tersebut. Banyak masyarakat yang tidak memahami dalam proses
pelayanan dengan menggunakan sistem pelayanan online dan masih banyak
masyarakat yang tidak paham dalam menggunakan komputer. Kendala lain yang
juga menghambat seperti ganguan jaringan listrik dan jaringan internet hal ini
menyebabkan prosesnya menjadi lebih lama dari pada sistem manual.