Abstract:
Pecahan merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang memiliki konsep „sulit dipelajari‟ yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita yang berdampak pada hasil belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar maka dilakukan analisis kesalahan untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan tersebut salah satunya dengan menggunakan Newman Error Analysis (NEA). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan – kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan NEA dan untuk mengetahui penyebab dari kesalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini berupa deskripsi kesalahan – kesalahan siswa dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII – B SMP Muhammadiyah 57 Medan dalam menyelesaikan soal cerita terkait materi pecahan. Berdasarkan hasil penelitian, telah ditemukan kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan proses dengan persentase 58.3%, diikuti dengan persentase kesalahan transformasi 56%, kesalahan memahami dengan persentase 51%, kesalahan penulisan jawaban dengan persentase 37.03% dan dengan kesalahan membaca merupakan kesalahan yang sedikit dilakukan oleh siswa dengan persentase 3.7%. Adapun penyebab kesalahan siswa meliputi tidak dapat membaca, kurang mampu menyelesaikan soal cerita, kurang paham pada materi pecahan, akibat dari kesalahan sebelumnya, tidak dapat menentukan rumus atau tahap yang digunakan, kurang teliti seperti salah dalam proses perhitungan serta salah dalam menuliskan informasi dan jawaban.