Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Human Governance dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengolaan data kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan kalimat sederhana sehingga dapat diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan pegawai atau aparatur sipil negara belum maksimal, karena terlalu banyaknya masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan dan minimnya pegawai yang bekerja di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sehingga masyarakat belum mendapatkan pelayanan yang optimal. Selain itu, masih adanya perbedaan dalam pelayanan yang diberikan oleh pegawai kepada masyarakat, sehingga masih ada masyarakat yang merasa tidak adil dalam proses pelayanan.Pada saat proses pelayanan, pegawai belum sepenuhnya menghargai masyarakat, karena pegawai masih mengulur waktu dalam setap proses pelayanan. Hal tersebut disebabkan kurangnya ketersediaan blangko, sehingga menghambat proses pelayanan.