Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan ditinjau dari langkah pemecahan masalah? (2) apa penyebab kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan ditinjau dari langkah pemecahan masalah?. Penelitian ini juga bertujuan : (1) untuk mengetahui bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan ditinjau dari langkah pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelah VII-2 yang berjumlah 30 siswa dan menjadi objek penelitian inni adalah menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan pecahan ditinjau dari langkah pemecahan masalah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data berupa lembar soal dan wawancara untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa.
Berdasarkan analisis data kesalahan pada soal nomor 1 terdapat sebanyak 30,00%, kesalahan pada soal nomor 2 terdapat sebanyak 43,33%, kesalahan pada soal nomor 3 terdapat sebanyak 63,33% , dan pada soal nomor 4 terdapat sebanyak 70,00%. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan pecahan adalah kebiasaan siswa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, tidak paham maksud soal, lupa, terburu- buru, tidak terbiasa mengecek ulang hasil, merasa sudah benar dengan hasil yang selesaikan, cenderung hanya melihat hasil jawaban teman , kurangnya sifat positif terhadap soal cerita (kurang suka).