Abstract:
Sistem pelayanan cabang yang berbasis web tersebut diharapkan
terciptanya proses pelayanan publik yang transparan, cepat serta efisien dalam
pelaksanaan kegiatan perizinan yang merupakan sebagai salah satu syarat
mewujudkan keterbukaan sistem pelayanan yang ada. Dalam pengembangannya
program ini bukan saja hanya bersifat online yang menampilkan berbagai
informasi secara statis tentang keluhan pelanggan dan masalah yang terjadi di
rumah masyarakat. PDAM Tirtanadi juga menyediakan berbagai informasi
langsung yang terkoneksi dengan sistem informasi. Terdapat beberapan masalah
yakni, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai program ini, kurangnya
pelayanan yang memadai seperti lambatnya pelayanan dan kurang maksimalnya
pelayanan tersebut. Pegawai di kantor PDAM Tirtanadi Cabang Sunggal masih
kurang terampil dalam melayani keluhan masyarakat.Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui efektivitas Sistem Pelayanan Cabang (SPC) dalam rangka
Meningkatkan Pelayanan Publik di PDAM Tirtanadi Kecamatan Medan Sunggal.
Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dan pengumpulan data melalui dokumentasi tertulis dan wawancara. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas Sistem Pelayanan Cabang
(SPC) dalam rangka Meningkatkan Pelayanan Publik di Pdam Tirtanadi
Kecamatan Medan Sunggal terlaksana dengan baik jika dalam program Sistem
Pelayanan Cabang ini terdapat pelayanan yang tepat terhadap keluhan pelanggan
yang bermasalah dan cepat penanganannya, dan adanya komunikasi dan interaksi
antara pegawai yang melayani dengan yang dilayani