Abstract:
Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini yaitu bagaimana
pengaruh pelaksanaan prosedur kerja terhadap kualiatas pelayanan akta kelahiran
di dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Binjaidan untuk mengetahui
tingkatan prosedur kerja, untuk mengetahui tingkatan kualitas pelayanan, untuk
mengetahui dan mengukur bagaimanakah pengaruh pelaksanaan prosedur kerja
terhadap kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pancatatan Sipil kota
Binjai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan analisis data kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran
kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi
product moment dimana nilai r tabel yakni 0,294 dan hasil korelasi adalah 0,326
atau (0,362 > 0,294), uji signifikan dimana nilai t tabel yakni 2,14 dan nilai
signifikan 2,74 atau (2,546 > 2,014), uji determinasi hasilnya yakni sbesar 13,1%
dimana sisanya sebesar 86,9% berasal dari faktor – faktor lainnya. Dan yang
terakhir uji regresi linier nilai a sebesar 15,77 dan nilai b sebesar 0,26
menghasilkan nilai variabel bebas (x) pelaksanaan prosedur kerja, tingkat
maksimum (22) adalah 21,49, dan nilai variabel terikat (y) kualitas pelayanan
tingkat minimum (17) adalah 20,19 dan berarti mengalami kenaikan sebesar 1,3.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan prosedur kerja sudah
diupayakan dengan baik tetapi belum maksimal karena berada dikategori sedang,
tingkat kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pancatatan Sipil kota
Binjai sudah baik karena tergolong tinggi. Dan korelasi pelaksanaan prosedur
kerja terhadap kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan
Pancatatan Sipil kota Binjai berada pada tingkat interpretasi rendah. Saran yang
diajukan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prosedur kerja, tingkat
kualitas pelayanan dan signifikan pengaruh pelaksanaan prosedur kerja terhadap
kualiatas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pancatatan Sipil
kota Binjai dimaksimalkan lagi