Abstract:
Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang yang
mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Semua
negara di dunia menempatkan variabel pendidikan sebagai sesuatu yang penting
dan utama dalam konteks pembangunan bangsa dan negara.Upaya peningkatan
pendidikan dengan Manajemen sekolah yang baik dan dilakukan dengan berbagai
pendekatan, baik pendekatan kelembagaan, legal formal, maupun pemberdayaan
sumber daya pendidikan. Pendekatan kelembagaan salah satunya melalui lahirnya
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kepandidikan.
Pendekatan legal formal melalui serangkaian perundang-undangan (peraturan)
yang berkaitan dengan pendidikan, seperti Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 51 menyatakan bahwa:
pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah dilaksanakan berdasarkan pada standar pelayanan minimal dengan
prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah.
Masalah yang ada ialah Pengelolaan sekolah nasional belum mulai
beranjak ke arah kematangan dalam bidang kurikulum, sarana prasarana,
pembiayaan, sumber daya manusia yang terlibat (pendidik dan tenaga
kependidikan), peserta didik, dan partisipasi masyarakat, tetapi pada kenyataannya
persoalanpersoalan terus menderanya.Dan penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas pelaksanaan Manajemen Berbasis seolah(MBS) dalam
meningkatkan standar mutu sekolah di SMAN 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekriptif analisis kualitatif
dan pengumpulan data melalui wawancara.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan Manajemen Berbasis
Sekolah dalam meningkatkan standar mutu sekolah dapat dikatakan belum
efektiv. Hal ini terbukti dengan tujuan yang ingin dicapai dalam mencapai standar
mutu sekolah belum sepenuhnya tercapai. Pelaksanan manajemen berbasis
Sekolah (MBS) dalam meningkatkan standar mutu sekolah yang juga berdasarkan
dengan visi , misi dan tujuan sekolah yang belum efektiv seperti sarana dan
prasarana , program sekolah dan sumber daya manusia