dc.description.abstract |
Self-instruction merupakan suatu teknik dalam pendekatan perilaku kognitif yang
membantu mengajarkan kepada individu untuk mengubah anggapan individu
terhadap situasi yang sulit bagi mereka menjadi lebih efektif. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan Kejenuhan Belajar Siswa
Dengan Menggunakan Teknik Self Instruction Siswa melalui layanan konseling
individu. penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek kelas VIII di SMP
Muhammadiyah 05 Medan dan objek penelitian sebanyak 5 orang siswa yang
memiliki masalah kejenuhan dalam belajar. Dengan proses pengambilan data
dilakukan selama empat minggu yaknik dari bulan juli-agustus 2019, dengan
teknik pengumpulan data, obsevasi dan wawancara. Teknik analisis data yang
digunakan ialah mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: Pelaksanaan Teknik Self Instruction
Dalam mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa dapat dilihat dari hasil observasi dan
wawancara. Dan hal ini tebukti pada perubahan sikap siswa yang sudah bisa
berintekasi sosial dan bergaul dengan teman sebayanya. Adapun tingkat
keberhasilan dari hasil penelitian ini berkisar sebesar 89%. |
en_US |