Abstract:
Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific Berbasis Problem Based Learning Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP PAB 10 Medan Estate. Model pengembangan yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yakni analisis (analysis), perancangan (design) dan pengembangan (development). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP PAB 10 Medan Estate Kelas VIII dengan menggunakan skala kelas kecil sebanyak 14 orang siswa. Kelayakan RPP dan LKPD merujuk pada hasil penilaian RPP dan LKPD oleh para ahli terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar LKPD matematika berbasis Problem Based Learning pada materi lingkaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid/layak digunakan untuk siswa SMP kelas VIII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan baik. Hasil penilaian RPP oleh ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan Sangat Baik. Hasilpenilaian LKPD oleh ahli diperoleh nilai 4,6 dengan kategori kelayakan Sangat Baik. Analisis nilai tes hasil belajar siswa menunjukkan presentase ketuntasan klasikal siswa pada tes hasil belajar siswa sebesar 80%. Berdasarkan analisis Tes Hasil Belajar dapat ditarik kesimpulan bahwa tes hasil belajar yang dikembangkan memiliki kriteria “Tuntas”