Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Kurikulum 2013 dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada Mata Pelajaran Pkn di kelas X-IPA SMA Swasta Meranti.
Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti bekerjasama dengan Kepala Sekolah, PKS III, dan Guru Bidang Studi PKn. Peneliti mengambil objek penelitian di kelas X-IPA SMA dikarenakan kelas ini merupakan salah satu kelas yang kurang aktif dalam proses pembelajaran terutama di mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa kurikulum 13 ternyata dapat meningkatkan keaktifan belajar PKN siswa dan juga semangat belajar siswa dalam belajar PKN. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil evaluasi peserta didik secara klasikal sebelum menggunakan kurikulum 13 dari 51,22% meningkat menjadi 68,29% kemudian pada siklus II dari 68,29% meningkat menjadi 87,80%. Selama proses belajar-mengajar berlangsung terlihat antusias siswa dalam belajar PKN.