Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30018
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorISMAINI-
dc.date.accessioned2025-11-13T08:03:53Z-
dc.date.available2025-11-13T08:03:53Z-
dc.date.issued2025-06-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30018-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan optimisme akademik melalui motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SD Islam Terpadu Medan. Penelitian ini di ambil dari populasi guru SD Islam Terpadu yang tersebar di seluruh Kota Medan Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah populasi 236 orang. Dengan metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin didapat jumlah sampel yang diambil dari semua populasi yang ada berjumlah 108 sampel dengan 40 sampel sebagai uji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kemampuan kerja terhadap motivasi berprestasi dengan nilai t-hitung sebesar 3.858 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.983, dengan nilai p-value 0.000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0.05. Pengaruh optimis akademik terhadap motivasi berprestasi didapatkan nilai t-hitung sebesar 3.912 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.983, dengan nilai p-value 0.000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0.05. Pengaruh kemampuan kerja dan optimis akademik terhadap motivasi didapatkan nilai F hitung sebesar 37.427, karena nilai signifikansi < 0,05 dan F hitung (37.427) jauh lebih besar dari F tabel, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi linier Model 1 signifikan dan layak digunakan.Pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja guru didapatkan nilai t-hitung sebesar 3.258 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.983, dengan nilai p-value 0.002 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0.05. Pengaruh optimis akademik terhadap kinerja guru didapatkan Nilai t-hitung sebesar 6.843 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.983, dengan nilai p-value 0.000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0.05. Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru didapatkan Nilai t-hitung sebesar 3.254 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.983, dengan nilai p-value 0.002 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi α = 0.05. Pengaruh kemampuan kerja,optimis akademik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru didapatkan Nilai F hitung sebesar 77.903, karena nilai signifikansi < 0,05 dan F hitung (77.903) jauh lebih besar dari F tabel. Motivasi berprestasi merupakan variabel intervening antara kemampuan kerja terhadap kinerja guru didapatkan nilai Sobel test sebesar 2.487 dengan p-value sebesar 0.013, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05. Motivasi berprestasi merupakan variabel intervening antara optimis akademik terhadap kinerja guru didapatkan nilai Sobel test sebesar 2.502 dengan p-value sebesar 0.012, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05.en_US
dc.subjectKemampuan kerjaen_US
dc.subjectoptimis akademiken_US
dc.subjectmotivasi berprestasi,en_US
dc.subjectkinerja guruen_US
dc.titlePENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN OPTIMIS AKADEMIK MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SD ISLAM TERPADU MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS ISMAINI 2220060088.pdf5.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.