Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30014| Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN |
| Authors: | SARI, SEFTIA INDAH PERMATA |
| Keywords: | Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR);Kemampuan Komunikasi Matematis |
| Issue Date: | 29-Aug-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model AIR dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua kelompok diberikan pretest dan posttest untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penerapan model AIR terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 87,94, meningkat sebesar 34,12 poin dari nilai pretest, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 74,41, meningkat sebesar 18,97 poin. Peningkatan ini membuktikan bahwa siswa yang diajar dengan model AIR mengalami perkembangan kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Secara lebih rinci, model AIR terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menyampaikan ide matematika baik secara lisan, tulisan, maupun visual; menggunakan bahasa, simbol, serta struktur matematika dengan lebih tepat; serta mengembangkan kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun argumen matematis secara logis. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika pada materi penyajian data. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30014 |
| Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKripsi Lengkap Indah.pdf | Full Text | 2.03 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.