Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29931| Title: | PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GENERASI Z PADA BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN |
| Authors: | ARIZA, FURAIZA SEMBIRING |
| Keywords: | Problem Based Learning;Generasi Z;Berpikir Tingkat Tinggi;Akuntansi;SMK |
| Issue Date: | 22-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) siswa generasi Z pada mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 6 Medan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang masih dominan digunakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, serta dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dengan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi generasi Z dalam berpikir kritis, analitis, dan evaluatif dalam pembelajaran akuntansi. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29931 |
| Appears in Collections: | Accounting Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Skripsi Ariza Furaiza Sembiring (1).pdf | Full Text | 3.71 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.