Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29929
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNUR FADLILAH, HANUM HARAHAP-
dc.date.accessioned2025-11-07T04:01:33Z-
dc.date.available2025-11-07T04:01:33Z-
dc.date.issued2025-09-11-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29929-
dc.description.abstractPeningkatan data investor (Single Investor Identification) menunjukkan minat yang semakin tinggi dalam aktivitas investasi, dimana kegiatan investasi ini membutuhkan keputusan investasi yang baik dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis sejauh mana pengaruh literasi keuangan dan Financial Technology terhadap keputusan investasi yang dimoderasi oleh media sosial pada generasi z di Kota Medan. Populasi dalam penelitian yaitu generasi z yang berdomisisli di Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan tingkat kesalahan sebesar 10% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuatitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner yang disebar secara online melalui Google Form dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Puposive Sampling. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Outer Model, uji Inner Model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dan Financial Technology tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Media sosial juga tidak mampu memoderasi pengaruh variabel literasi keuangan terhadap keputusan investasi ataupun pengaruh variabel Financial Technology terhadap keputusan investasi.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectLiterasi Keuanganen_US
dc.subjectFinancial Technologyen_US
dc.subjectMedia Sosialen_US
dc.subjectKeputusan Investasien_US
dc.subjectGenerasi Zen_US
dc.subjectKota Medanen_US
dc.titlePENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA MEDAN)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR - NUR FADLILAH H. HARAHAP.pdfFull Text3.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.